Minggu, 21 Agustus 2016

Aku Cinta Indonesia Raya



"Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku
Bangsaku, rakyatku, semuanya
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya, merdeka, merdeka!
Tanahku, negeriku yang kucinta..
Indonesia Raya, merdeka, merdeka!
Hiduplah Indonesia Raya!"

Dulu.. Setiap hari Senin.. Nyanyi lagu Indonesia Raya gak pernah dihayatin. Cuma nyanyi sekedar nyanyi. Apal lirik tapi ga pernah dihayati liriknya.. Padahal kalo kita nyanyi dengan menghayati liriknya, bakal ada suatu rasa haru, bahagia dan bangga menyanyikannya. Apalagi ditambah tangan kita yang menghormat, dan mata kita yang melekat pada bendera yang perlahan naik ke ujung tiang bendera.. Lalu saat kelas 9, pada suatu senin pagi yang cerah, saya mulai merasakan khidmatnya upacara saat menyanyikan lagu Indonesia Raya..

Indonesiaaa! Saya cintaa Indonesia. Dengan semangat lagu Indonesia Raya itu saya semakin cinta pada Indonesia. Mengapa saya cinta Indonesia? Jawabannya adalah karena saya lahir di bumi pertiwi ini, yang saya yakin inilah bumi yang paling asri, bumi yang takkkan bisa terganti meski saya nanti *aamiin* pergi ke luar negeri~

Ya. Siapa yang gak cinta pada negeri dimana tanda-tanda kebesaran Allah dengan mudah dapat kita temui? Bumi yang Allah hamparkan, gunung yang Allah tegakkan, dan langit yang Allah tinggikan (Qs. Al-Ghasyiah).. Dimana kita bisa temui beribu suku, budaya dan bangsa menyebar di seluruh wilayah Indonesia, yang Allah telah tetapkan tujuannya tidak lain agar manusia saling mengenal?

Musim yang romantis.. Suhunya stabil. Tidak terlalu tinggi, tidak juga tetiba turun drastis.. Tidak seperti negara-negara yang dingin sebab letaknya yang dekat kutub utara. Tidak pula seperti negara-negara yang kering karena dikelilingi padang sahara. Mana nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan? Berpuasa hanya 13 jam, sedang negara lain bisa sampai 18 jam..


Adem banget kaan
Okee. Sekarang saya mau cerita tentang Indonesia, tentunya hal-hal menarik yang ada di Indonesia yang bakal membuat kamu semakin cinta pada Indonesia!

Peta Natuna
Mulai dari ujung Indonesia ya.. Kamu tau di ujung Indonesia itu ada pulau apa? Ada Pulau Natuna.. Pulau yang dikelilingi oleh lautan yang indah. Pulau yang sumber gas alamnya melimpah.. Pulau yang saat ini diklaim sama Tiongkok. Ini nih saking cantik dan kayanya Indonesia, banyak yang pengen milikin. Tapi Pulau Natuna ini resmi milik Indonesia kok.. Wong jelas-jelas Kabupaten Natuna ini masih bagian dari Provinsi Kepulauan Riau..

Alif Stone Park Pantai Natuna
Lalu apa lagi ya yang membuat kita jatuh cinta pada Indonesia? Wah kamu betul. Of course kalo urusan perut semua orang bakalan seneng. Yaa. Indonesia terkenal banget sama makanan tradisionalnyaa. Gak kehitung deh ya berapa banyak makanan khas suku tertentu, daerah tertentu. Bikin semakin cinta kan? Apalagi buat yang suka wisata kuliner. Kalo ke Jakarta ada gado-gado, kerak telor. Ke Pekalongan ada Sego Megono. Ke rumah padang eh maksudnya ke Padang ada rendaang. Ke palembang ada pempek, kemana lagi ya? Kasih tau saya dong.. Soalnya saya ga sering makan di luar, seringnya makan mie instan wkwk *giamana sih ki katanya cinta Indonesia(?)* maafin eaaa~

Oh iya masalah budaya nih. Luar biasa banget kan kebudayaan di Indonesia. Tengok aja kebudayaan betawi, kebudayaan jawa, kebudayaan sunda, semuanya punya kekhasan masing-masing. Kemarin saya ambil matkul Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, wah jadi lebih mengenal kebudayaan Indonesia, menyelam ke seluk-beluk Indonesia lebih dalaam.. Asoy..

Hayuk mau apa lagiii? Tempat wisata dan pemandangan dong yhaa! Wuaah, yang suka ngeksplor Indonesia ngacung!!! Saya sukaaak tapi gada yang ngajak, ajak dungss wkwk mau banget apa kih? Hmm kalo di daerah Jakarta dulu yaa saya pernah ke pantai Ancol, pantai tanjung pasir, Pulau Seribu, Pulau Untung Jawa, Ragunan (wkwk), Kebun Raya Bogor, Taman Safari, Cibodas, yhaa banyak lah ya pokoknyaa. Yogyaa, Candi Borobudur, Pantai Parangtritis, dll. Tasikmalayaa, Pantai Pangandaran.

Saya juga pernah naik gunung Gede Pangrango.. Wuaah saya itu lemah deh fisiknya *karena jarang olahraga* wkwk tp saya daki gunung gede dengan semangatt walaupun ngos-ngosan.. Dan saat nyampe puncak, bahagiaaa. Pasti bakal lebih bahagja kalo nanti kita, *lah kita(?)* naik gunung Semeru yaaa. Wuaaah.. Intinya di Indonesia banyak bangeet gunung yg bisa didakiii. Eitsss tapi jangan sampe lupa yaa, masjid juga didatangi buat solat berjamaah yaa para pendaki gunung!! Gunung tinggi-tinggi aja didaki, masak masjid ato musholla yang jaraknya cuma beberapa puluh meter kagak mau didatengin? Malu dong kakak~ hehe

Hmm yaa rada ga nyambung yaa tulisannya. Emang begini, soalnya kagak bikin outlinenya sayaa wkwk. Disudahi aja apa nih? Apa mo dilanjut? Udah memenuhi jumlah kata yg diwajibin Ka Ayu gak yhaa? Wqq~

Okee kusudahkan saja. Pokoknya aku cinta Indonesia.. Kamu juga kan? Berarti kita jodoh #eh. Sekian. Terima kasih banyaaak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ESSAY PENGAJAR SBMPTN KSE UNJ

Pendidikan itu mahal. Sekolah negeri, meski sudah digratiskan biaya operasionalnya, masih merupakan beban yang sulit dipikul bagi segol...